WORKSHOP PERPAJAKAN BERSAMA HIMPUNAN MAHASISWA PRODI D-III AKUNTANSI DAN TEX CENTER UIN SUSKA RIAU

Kamis, 17  Novermber 2022 – jurusan Prodi D3 Akuntansi UIN SUSKA RIAU menyelenggarakan kegiatan acara Workshop Perpajakan yang bertema “Pengisian SPT tahunan Wajib Pajak Objek Pajak Karyawan dan Objek Pajak UMKM serta Integrasi NIK menjadi NPWP”. Yang bertempat di Teater A Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan bekerja sama dengan Tex Center Uin Suska Riau . Melalui acara ini beberapa mahasiswa D3 Akuntansi serta Mahasiswa Jurusan lain ikut sebagai peserta dalam acara workshop ini. Tema Tersebut membahas mengenai prosedur serta tata cara pengisian sistem pelaporan pajak tahunan secara elektronik (E- SPT), terutama E-SPT badan.

Rangkain acara diawali kata sambutan dari ibu Dr. Hj Hariza Hasyim S,E M,Si selaku Ketua Jurusan Prodi D-III Akuntansi, Ibu Sahwitri ketua Tex Center Uin Suska Riau. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Sri Hernowati selaku Kepala seksi pelayanan KPP Madyah Pekanbaru bersama tim yang sengaja di undang oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi D-III Akuntansi. Bapak Azwar Hidayat dan Ibu Sri Anita selaku penyuluh KPP Madya Pekanbaru memaparkan materinya mengenai hal-hal umum terkait E-SPT yaitu pengertian, manfaat, komponen dan sistem kerja E-SPT.

Adapun tujuan dari workshop ini adalah melatih mahasiswa-mahasiswa untuk mengetahui tata cara pengisian SPT tahunan beserta bagiamana NIK menjadi NPWP. Dengan demikian mahasiswa d3 akuntansi bisa memahami bagaimana itu E- SPT, Objek Pajak, serta tata caranya.

Ibu Sri Anita Menjelaskan bahwa E-SPT memiliki fungsi yang sama dengan SPT biasa namun menggunakan metode daring untuk pengisiannya. Dengan demikian E- SPT memberikan beberapa manfaat seperti dokumentasi yang lebih baik, waktu yang lebih efesien dan lebih ramah lingkungan pajak. Secara sistem kerja terdapat dua metode dalam menggunakan E-SPT yaitu langsung dan tidak langsung. Metode langsung berarti data pengisian SPT akan secara real time masuk kedalam data base Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Sedangkan metode tidak langsung berarti proses pengisian E- SPT diselesaikan terlebih dahulu dan selanjutnya di unggah ke data base Direktorat Jenderal Pajak(DJP). Selain itu bapak Azwar hidayat menambahkan sebagai narasumber membahas mengenai tata cara memperoleh formulir E- SPT dan kemudian pengisian E-SPT.

Setelah pemaparan materi dari narasumber rangkain acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta mahasiswa, pada sesi ini mahasiswa di beri kesempatan untuk bertanya tentang materi yang di sampaikan oleh narasumber kemudian dijawab oleh narasumber menjelaskan serta memberi contoh instalasi aplikasi E-SPT. Kemudian narasumber juga memberikan arahan mengenai permasalahan tentang pembayaran pajak oleh pihak UMKM yang cenderung masih rendah.

Secara umum Workshop Perpajakan Tex Center uin suska berjalan dengan lancar dan interaktif, Workshop ditutup dengan ucapan terimaksih, sesi foto, pemberian sertifikat kepada narasumber pemberi materi sebagai untuk penghargaan dari Himpunan Mahasiswa Program D-III Akuntansi serta pihak Pelayan KPP memberi hadiah kepada mahasiswa peserta dalam sesi tanya jawab, yang berterimaksih atas partisipasi dan kerja sama dari berbagai pihak dalam mensukses kan acara ini.

About richi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *